Saturday, December 17, 2016

Masjid Al-Mukarrom, Masjid Jum’at Pertama di Pangkal Pinang

Dibangun tahun 1928, Masjid Al-Mukarrom Tuatunu, tempat penyelenggaraan sholat Jum'at pertama di kota Pangkal Pinang.

Masjid Al-Mukarrom merupakan salah satu masjid tertua di pulau Bangka terutama di kota Pangkal Pinang, berbagai sumber di dunia maya menyebut Masjid ini sebagai tempat pertama penyelenggaraan sholat Jum’at berjamaah di kota Pangkal Pinang, meski kabar tersebut belum dapat di validasi. namun keberadaan Masjid ini masih terawatt dan digunakan masyarakat muslim disana.

Didirikan tahun 1928, awalnya berada di tengah kampung tua atau kampung lama tuatunu, sekarang terletak persis di ujung kampung Tuatunu. belum ada informasi tambahan tentang lokasi masjid yang dimaksud, apakah terjadi pemindahan bangunan masjid dari lokasi lama ditengah kampung ke lokasinya saat ini atau karena jumlah penduduk yang bertambah ke satu sisi kampung saja sehingga membuat masjid ini kini seolah berada di ujung kampung.

Masjid Al Mukarrom
Jl. Tua Tunu Raya, Tua Tunu, Gerunggang
Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33173



Secara umum, bangunan masjid Al-Mukarrom Tua Tunu ini terbagi menjadi dua bagian, yakni bangunan utama dan bangunan tambahan berupa pendopo terbuka dengan gaya bangunan yang lebih modern. Bangunan utama masjid berdenah persegi empat dinding tembok permanen dana tap bertingkat tiga. Satu kubah dari bahan metal berukuran kecil ditempatkan di ujung paling atas atap bangunan utama.

di bagian depan (timur) masjid terdapat Menara sederhana menggunakan kerangka besi tempat menempatkan pengeras suara. Disebelah Menara besi ini terdapat satu sumur tua lengkap dengan timba dan tiangnya. Sedangkan di sisi selatan masjid terdapat kulah atau bak penampungan air untuk berwudhu lengkap dengan gayungnya.***

(data di olah dari berbagai sumber)