Sunday, December 4, 2016

Masjid Agung Nurul Haq Kepulauan Aru

Ada kemiripan Masjid Nurul Haq Kepulauan Aru ini dengan masjid raya Baiturrahman di Banda Aceh, perhatikan fasad depan berandanya serta kubah nya yang bewarna hitam.

Kepulauan Aru tercatat dalam sejarah nasional Indonesia dalam peran pentingnya selama operasi Trikora Pembebasan Irian Barat dari penjajahan Belanda yang dikobarkan Bung Karno di tahun 1963. Di salah satu pulau di gugus kepulauan Aru ini menjadi rendezvous point kapal kapal perang armada angkatan laut RI yang bersiap menyerang Belanda di Irian Barat.

Sejak tahun 2003, Kepulauan Aru telah berstatus sebagai Daerah Otonomi Baru dengan nama Kabupaten Kepulauan Aru berdasarkan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2003, dimekarkan dari kabupaten Maluku Tenggara. Saat ini wilayahnya daratannya terdiri dari 187 pulau dan hanya 89 saja yang berpenghuni. secara geografis kabupaten Aru berbatasan langsung dengan Australia di laut Arafura. Pusat pemerintahan Kabupaten Aru berada di kota Dobo yang terletak di Pulau Dobo.

Masjid Agung Nurul Haq
Galay Dubu, Pulau-Pulau Aru
Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, Indonesia
Koordinat : 5° 45' 34" S 134° 14' 7" E


Kota Dobo telah memiliki Masjid Agung megah yang arsitekturnya memiliki kemiripan dengan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Masjid Agung Dobo diberi nama Masjid Agung Nurul Haq berada di tengah-tengah Kota Dobo ini menjadi salah satu pusat perhatian di Dobo karena kemegahan-nya. Dalam perjalanannya Masjid Agung Nurul Haq telah direnovasi dan diresmikan oleh Gubernur Maluku K.A.Ralahalu.

Sebagai Masjid Agung Kabupaten, Masjid Agung Nurul Haq menjadi pusat aktivitas ke-Islaman di Kabupaten Kepulauan Aru termasuk penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Aru. Di tahun 2011 yang lalu Masjid Agung Nurul Haq Kepulauan Aru juga menjadi pusat penyelenggaraan MTQ XXIV provinsi Maluku 21-28 Mei 2011. Menariknya ajang tersebut tidak saja dinanti nanti oleh kaum muslimin disana, namun dalam kesempatan tersebut, para pendeta dan umat Kristen Protestan dan Katholik menyanyikan mars dan hymne MTQ sehingga membuat suasana haru.

Pawai Ta'aruf jelang Ramadhan di Dobo di mulai dari depan Masjid Agung Nurul Haq Dobo.

Kerukunan antar ummat beragama di Kabupaten Kepulauan Aru memang telah terjalin dengan baik. menjelang bulan suci Romadhan diselenggarakan pawai ta’aruf yang diikuti berbagai lapisan masyarakat yang dimulai dari Masjid Agung Nurul Haq dan berahir di lapangan Yos Sudarso.

Selain itu para tokoh lintas agama disana setiap menjelang bulan suci romadhon sepakat meminta apparat pemerintah sipil dan militer untuk menutup sementara semua tempat hiburan selama bulan suci Romadhan untuk menghormati dan memberikan suasana khusu’ kepada ummat Islam yang menjalankan ibadah puasa Romadhon.***