Wednesday, July 25, 2012

Sayembara Design Masjid terbesar di Turki di Mulai


begini perkiraan bentuk masjid terbesar yang akan dibangun di atas bukin Camlica, Istanbul, Turki.

Menyambung berita masjid sebelumnya berjudul Menara Masjid Raksasa Turki akan Salip Masjid Madinah, kini pemerintah Turki mengumumkan dimulainya sebuah kompetisi internasional perancangan masjid yang digadang gadang sebagai masjid terbesar di Turki.

Unit Layanan Pendidikan dan Kebudayaan, Asosiasi Renovasi dan Kemakmuran Masjid Istanbul,mengumumkan kompetisi desain pembangunan masjid raksasa di Camlica, Istanbul. Asosiasi menjanjikan hadiah  300 ribu Lira Turki bagi desain yang terpilih.

Seperti dikutip todayszaman.com, Selasa (24/7), batas waktu pengajuan desain 3 September dan hasil kompetisi akan diumumkan pada 10 September.

pemandangan dari Camlica Hill, Indah bukan...
Pemerintah Turki akhirnya memastikan pembangunan masjid raksasa di Istanbul. Setelah sebelumnya, sejumlah pihak hanya melihat rencana itu sebatas wacana saja.  Masjid seluas 15 ribu meter persegi itu dibangun di Camlica Hill, sehingga bangunannya dapat dilihat dari seluruh penjuru kota yang ditaklukkan oleh Sultan Mehmet II pada 27 Mei 1453 itu.

Di kompleks masjid raksasa itu nantinya akan disediakan fasilitas untuk pengembangan kerajinan tradisional, seperti kaligrafi Turki dan penyepuhan. Masjid itu akan difungsikan sebagaimana masjid di era kejayaan Islam. Contohnya, di sekitar masjid akan dibangun madrasah tempat pelajar dan mahasiswa menimba ilmu.